Sample Text

Rabu, 08 Februari 2012

Cara Membuat Flash Banner di WordPress.com

 
Hari ini saya akan mencoba menjawab salah satu pertanyaan Sahabat yang bertanya bagaimana Cara Membuat Flash Banner di WordPress.com? Seperti yang kita ketahui bahwa animasi flash tidak bisa kita pasang langsung dengan mengcopy-paste script HTML yang kita dapat dari layanan penyedia animasi flash, karena WordPress tidak support dengan script tersebut. Kita ambil satu contoh, misalnya untuk Memasang Widget Histats kita butuh kode khusus untuk dapat memunculkannya di sidebar, begitu pula dengan flash banner yang akan kita pasang ini butuh kode khusus dan sedikit proses agar flash banner dapat terpasang dengan sempurna.
Bagi Anda yang ingin menampilkan Flash Banner disidebar blog khususnya pengguna Wordprress, kita bisa memanfaatkan pihak ketiga untuk membuat sendiri model dan isi banner yang akan kita pasang. Disini kita akan mencoba menggabungkan layanan banner gratis dari http://www.flashvortex.com dengan layanan upload gratis dari http://www.widgipedia.com/. Sebenarnya saya sudah pernah membahas tentang Cara Membuat Flash Banner di WordPress.com tapi banyak dari sahabat yang menemukan masalah karena tutorial terdahulu lebih fokus pada cara menampilkan text berjalan menggunakan animasi flash. Walaupun pada dasarnya proses pembuatannya sama namun tidak ada salahnya saya akan bahas kembali agar lebih fokus pada pembuatan flash banner yang nantinya akan kita pasang disidebar blog Anda.
Sepertinya kata pengantarnya kepanjangan ya? Baiklah, kita mulai saja bagaimana langkah-langkah untuk Membuat Flash Banner di WordPress.com ini.
pertama anda masuk ke http://www.flashvortex.com dan pilih banners,

Pilihlah model yang Banner anda sukai dan sesuaikan dengan lebar sidebar blog Anda, saya ambil salah satu contoh baner berikut,

Setelah mengisi beberapa pilihan seperti Animated Icon, First Text Line, Second Text Line, Third Text Line, Fourth Text Line dan pilihan warna lainnya lalu klik Generate Animation,

Anda akan dibawa ke halaman berikutnya, Setelah itu Download Flash File swf Anda. Hasil downloadan tadi akan di upload pada langkah berikutnya.

  • Langkah selanjutnya yaitu masuk ke http://www.widgipedia.com/
  • Silahkan buat akun anda, caranya sangat mudah cukup dengan membuat nama User dan password.

  • Kemudian klik "Submit a Widget"
  • Klik Flash pada Menu Web flatforms di sebelah kanan atas.

  • Upload File Flash yang telah anda simpan pada Komputer/Netbook anda dengan meng-klik tombol choose.
  • Tulis Title, Version, Tags, dan Description pada kolom yang tersedia. (Terserah anda)
  • Upload Thumbnail untuk file flash anda type JPG, GIF, atau PNG dari Komputer/Netbook anda, dan centang kotak kecil dibawahnya kalau file yang anda upload tidak ingin dilihat oleh orang lain pada Halaman depan Widgipedia.
  • Selanjutnya Klik tombol Submit pada pojok kanan bawah.
  • Tunggu dengan beberapa saat hingga muncul halaman seperti pada gambar dibawah, kemudian klik tombol OK.

  • Selanjutnya muncul gambar seperti ini, klik tombol Get Widget.

  • Copy kode HTML yang terdapat pada kolom bagian bawah.




  • Pada area teks yang berwarna biru adalah letak kode install flash anda yang akan digabung dengan kode HTML khusus
    yang akan dipasang pada widget teks biasa/HTML blog anda.
  • Masukkan kode install flash
    anda ke dalam code berikut ini,
<p align="center">[/gigya width="300" height="250" src="http://www.widgipedia.com/widgets/irfan-handi/I-9764-8192_134217728.widget?__install_id=1316579120782&amp;__view=expanded" quality="autohigh" loop="true" wmode="transparent" menu="false" allowScriptAccess="sameDomain"]</p>
Copy semua kode diatas ke widget text Anda, hilangkan tanda garis miring yang berwarna merah / untuk membuat script ini bekerja, lalu simpan.
Inilah hasil flash banner yang akan muncul di sidebar Anda :

0 komentar:

Posting Komentar