Sample Text

Sabtu, 26 Mei 2012

Trik Mengubah Lokasi Folder TEMP pada Windows

Patch untuk Mengaktifkan Aero Glass pada Windows 7 Home Basic dan Starter

Bagi pengguna Windows, pastinya tidak asing dengan sebuah folder bernama TEMP. Biasanya isi folder ini adalah file-file sampah yang bersifat sementara pada sistem. Folder TEMP ini diciptakan oleh Windows dan program pihak ketiga untuk menyimpan sementara file dan folder, yang aman dihapus oleh sistem. Menghapus folder ini dapat menambah ruang hard disk.

Folder Temp dapat diakses dengan dua cara:
1. Folder Temp pada folder C:\Windows yang merupakan folder sistem dan digunakan untuk menyimpan file sementara.
2. Folder Temp di dalam folder “%USERPROFILE%\AppData\Local\” pada Windows Vista, 7 dan 8. Juga folder “%USERPROFILE%\Local Settings\” pada Windows XP dan versi sebelumnya.

Kedua folder ini berbeda untuk setiap pengguna Windows, setiap pengguna mendapatkan folder Temp.
Untuk mengakses folder Temp ini, gunakanlah perintah berikut, bisa diketik dari boks Run atau pencarian menu start.

TEMP
%TEMP%

Anda dapat mengubah lokasi dimana folder Temp pada Windows berada, dari drive C:\ ke partisi yang lain, dengan tujuan untuk memperlega ruang hard disk pada sistem, meningkatkan kecepatan sistem sedikit, dan menghapus sampah-sampah pada sistem. Silakan ikuti langkah di bawah ini:

1. Klik kanan pada ikon Computer pada Desktop, pilih Properties. Klik pada Advanced system setings pada panel kiri, atau bisa dengan mengetikkan sysdm.cpl pada Run atau kotak pencarian start menu.
2. Klik pada tombol Environment Variables. Jendela baru akan terbuka yang menampilkan daftar variabel lingkungan pada Windows. Terdapat dua variabel yaitu User variables dan System variables.
Pada bagian User variables akan ada variabel TEMP dan TMP. Sementara System variables akan mengandung daftar variabel yang panjang , bersamaan dengan variabel TEMP dan TMP.
3. Untuk mengganti lokasi folder TEMP dari C:\Windows\Temp ke partisi yang diinginkan, buatlah sebuah folder bernama sembarang, misalnya TEMP, pada partisi yang diinginkan. Misalnya jika ingin dipindah ke drive E:\, maka buatlah folder bernama TEMP di drive E:\. Klik dua kali pada variabel TEMP di bagian System Variables, atau pilih dan klik tombol Edit. Ketik lokasi folder TEMP baru, lalu klik tombol OK.
Ulangi langkah yang sama untuk variabel TMP.

4. Sekarang gunakan folder TEMP itu untuk file sistem dan temporer, bisa dengan menghapus variabel TEMP dan TMP pada bagian User variables. Bisa juga dengan mengedit variabel dan mengatur nilainya pada folder yang sama dengan yang digunakan untuk System Variables pada langkah ke-3.

Setelah itu, sekarang Windows akan menyimpan file-file temporer Windows dan program pihak ketiga ke folder Temp.

5. Terakhir restart komputer.

0 komentar:

Poskan Komentar