Sample Text

Sabtu, 31 Desember 2011

Membuat Website Sendiri Dengan kode HTML

Membuat website sendiri tidak sesulit bayangan banyak orang,Kali ini saya akan sedikit bereksperimen bagaimana membuat sebuah halaman web.
caranya siapkan saja secangkir kopi dan satu pack rokok kretek namun kalau bisa tambah sepiring kacang goreng.Ini adalah bahan-bahan yang sangat saya rekomendasikan selain sebuah computer tua untuk memulai membuat website kita.
mari kita mulai mempelajarinya (kaya guru tk aja he he)
Apa itu Website?
Sebelum kita membuat website kita sendiri, kita harus memahami apa itu website sebenarnya.
Sebuah website hanyalah sekumpulan halaman web. Halaman-halaman web biasanya dihubungkan bersama, tetapi tidak selalu. Untuk membangun sebuah website, anda cukup membuat satu atau lebih halaman web.
Agar dunia dapat melihat situs web kita(atau koleksi halaman web) kita perlu menjadi “host” pada web hosting (biasanya dilakukan oleh penyedia hosting) . penyedia hosting adalah perusahaan yang menyediakan web hosting untuk pelanggan mereka.
Apa yang dimaksud dengan Halaman Web?
Sebuah halaman web adalah file teks yang berisi kombinasi teks dan “markup” kode. Bila dokumen adalah dilihat dalam web browser, ini akan menampilkan (atau “membuat”) sebagaimana dimaksud. Ketika dilihat dalam editor teks (seperti Notepad), ini akan menampilkan teks dan kode markup.
Oleh karena itu, sebuah halaman web terdiri dari 2 dilihat:

  • The “rendered” view / Pandangan nyata- ini adalah apa yang Anda lihat ketika Anda melihat halaman web pada browser Anda.
  • The “source code” view /kode sumber pandangan –kode-kode yang bekerja di balik layar yang menentukan konten dan bagaimana halaman akan muncul.
Anda dapat melihat kode sumber dari setiap halaman web di web. Untuk melakukannya, gunakan fitur “View Source” pada browser. Misalnya, jika Anda menggunakan Internet Explorer 7, klik”Page > View Source”. If you use Firefox 2, “. Jika Anda menggunakan Firefox 2, klik “View > Page Source. (Tergantung pada browser Anda, Anda juga mungkin dapat klik kanan di manapun pada halaman untuk membuka opsi”View Source”).
The source code will open in a new window. Source code akan terbuka di jendela baru. You can close it when finished with it. Anda dapat menutupnya ketika selesai dengan itu.
Source code dari suatu halaman web terdiri dari tag HTML. Beberapa tag yang wajib (semua halaman web harus menggunakan mereka), tetapi kebanyakan tag opsional. Tag aktual yang Anda gunakan akan tergantung pada konten yang ingin ditampilkan.
Perhatikan kode berikut:


Contoh 1:
<!DOCTYPE HTML PUBLIC “-//W3C//DTD HTML 4.01//EN” “http://www.w3.org/TR/html4/strict.dtd”>
<html>
<head>
<title></title>
</head>
<body>
</body>
</html>
Kode di atas dapat menjadi template untuk setiap halaman web atau blog. Jika Anda melihat kode sumber dari setiap halaman web, Anda harus menemukan tag tersebut. Anda mungkin kesulitan menemukannya, tetapi mereka harus ada di sana.
Anda akan melihat tag <html> dekat bagian atas, dan </ html> di dekat bagian bawah. Hal ini karena semua tag HTML lainnya harus berada di antara tag <html> dan </ html>. (Pengecualian hanya untuk ini adalah dengan menggunakan dokumen. <! DOCTYPE …> tag, yang menentukan versi HTML / XHTML).
<body> tag mengandung semua konten yang akan ditampilkan pada halaman Misalnya, jika Anda ingin menampilkan kalimat “Selamat Datang ke halaman web saya”, Anda akan perlu untuk menempatkan kalimat itu di antara tag <body> dan </ body>.
Berikut contoh lain.Kali ini, mari kita tambahkan beberapa kalimat
Contoh 2:

<html>
<head>
<title>Hello World!</title
</head>
<body>
<h1>halaman web pertama saya</h1
<p> Selamat datang di halaman web pertama saya! </ p>
<p> belajar membuat web ala ini-apa.com …</ p>
</ Body>
</ Html>
Jika kita buka file HTML di atas pada browser seharusnya terlihat seperti ini:
Hello Word!
halaman web pertama saya
Selamat datang di halaman web pertama saya!
Belajar membuat web ala ini-apa.com …
Seperti yang Anda lihat, teks yang dikelilingi oleh <h1> dan </ h1> muncul sebagai title pos (pos tingkat 1 tepatnya). Teks di dalam tag</ p>ditampilkan sebagai teks paragraf normal.Sob dapat menambahkan berbagai tag HTML sebanyak yang diinginkan ke halaman web.
Ada banyak lagi HTML tag (mendekati 100). Beberapa tag digunakan untuk format (seperti <h1> dan </ h1>), tag lain digunakan untuk menampilkan objek (seperti gambar, bentuk, tabel, dll).
Bagaimana membuatnya
Sejauh ini kita baru mengetahui kode-kode dan hasilnya di browser. Sekarang kita akan pelajari caranya
Untuk membuat sebuah halaman web seperti contoh di atas, lakukan hal berikut:
  1. Buka editor teks (seperti Notepad atau SimpleText)
  2. Buat halaman (kosong) baru (yaitu “File> New Text Document …”)
  3. Salin kode dari “Contoh 2″ dan sisipkan ke file teks kosong Anda (atau diketik ulang jika Anda suka)
  4. Simpan file sebagai “index.html
Selamat Anda baru saja membuat halaman web pertama Anda!
Anda dapat melanjutkan dan melihat halaman web baru Anda pada browser Anda. Untuk melakukan ini, Anda dapat mengklik dua kali pada file tersebut. Jika ini tidak berhasil, coba buka jendela browser baru, kemudian menyeret file ke atasnya.”
Menambahkan halaman lain
Menambahkan halaman web lain sama mudahnya ketika halaman pertama kita buat. Bahkan, Anda bisa membuat salinan pertama Anda jika Anda inginkan, lalu memodifikasi sesuai keinginan Anda. Sebagai contoh, anda dapat membuat “hyperlink” sehingga akan terkait dengan halaman lain. Ketika link di klik,halaman lain akan terbuka.
Jadi, mari kita membuat halaman web lain. Pada halaman web, kita akan memiliki hyperlink yang mengarah ke halaman web pertama kami. Untuk melakukan hal ini, kode kita akan terlihat seperti ini:
Contoh 3:
<head>
<title>Hello World!</title>
</head>
<body>
<h1>halaman kedua saya</h1>
<p> Selamat datang di halaman web kedua saya!</p>
<p> Berikut <a href=”index.html”>halaman pertama saya</a></p>
</body>
</html> </ Html>
Halaman HTML di atas akan terlihat seperti ini di browser:

halaman kedua saya

Selamat datang di halaman web kedua saya!
Berikut halaman pertama saya
blog html
Kita sebut ini sebagai halaman_kedua.html
Jadi, jika anda sudah lupa bagaimana melakukan hal ini, berikut ini adalah langkah untuk membuat halaman web kedua Anda:
  1. Buka editor teks (seperti Notepad atau SimpleText)
  2. Buat halaman baru (yaitu “File> New Text Document…”)
  3. Salin kode dari “Contoh 3″ dan sisipkan ke file teks kosong Anda (atau diketik ulang jika Anda suka)
  4. Simpan file sebagai “halaman_kedua.html” (simpan ke dalam direktori yang sama dengan file Anda sebelumnya)
Demikian tadi sedikit eksperimen bagaimana membuat halaman website dengan html.,buat menambah wawasan ,..

0 komentar:

Poskan Komentar