Sample Text

Selasa, 03 Januari 2012

Software Adzan Terbaik dan Terpopuler

Salah satu hal yang menarik dari jadwal waktu sholat adalah sifatnya yang tidak tetap, alias berubah-ubah sesuai dengan titik koordinat dan ketinggian lokasi daerah yang bersangkutan. Selain itu dipengaruhi juga oleh waktu revolusi dan rotasi bumi. Kalau zaman dahulu, orang-orang biasanya memperkirakan waktu sholat dari bayangan benda yang ditancapkan di bumi, zaman sekarang sepertinya repot juga ya kalau harus lihat bayangan matahari begitu. Apalagi kita banyak bekerja di dalam ruangan, begitu pula saat bepergian. Sebagai penggantinya di zaman kita ini sudah banyak bermunculan software-software azan, yang dapat memberikan informasi jadwal sholat dengan lebih akurat dan cepat.
Sebelumnya terima kasih buat profesor-profesor yang telah menemukan formula untuk menghitung waktu sholat ini. Dari rumus tersebut sekarang banyak software yang telah mengaplikasi-kannya. Nah, bila anda sedang mencari software azan, mungkin software-software berikut bisa dijadikan pilihan.
Untuk Pengguna PC

1. Athan Software Islamic Finder

Ini salah satu software Azan yang pernah saya coba pertama kali. Senang juga pertama kali menggunakan software ini karena ternyata perhitungannya akurat. Cocok dengan jadwal waktu sholat yang ada. Software azan buatan IslamicFinder ini telah didownload lebih dari 10 juta pengguna di seluruh dunia.  Dan terdapat pilihan waktu untuk 6 juta kota di seluruh dunia. Selain menampilkan jadwal waktu sholat, terdapat juga pilihan adzan dan penunjuk arah kiblat yang bisa disesuaikan dengan lokasi kota kita berada. Hadir dalam versi gratis dan versi berbayar-nya. Untuk versi berbayar harganya US$ 29.9.
Athan Software
Athan Software

Namun, versi gratisnya saja menurut saya sudah cukup memuaskan. Untuk mendownloadnya silakan klik di sini.

2. Shollu 3.08.2

Software ini pertama kali diperkenalkan oleh teman sekantor saya, kemudian setelah di-install, dan menggunakannya, saya suka dengan user interface-nya, mudah digunakan, themes dapat diubah-ubah. Mirip tampilan program kamus offline yang pernah saya pakai. Dan ternyata begitu melihat pembuatnya, ternyata dibuat oleh orang yang sama yaitu oleh seorang teman kampus saya bernama Ebta Setiawan.
Walau jumlah kotanya belum sebanyak Athan software di atas, namun kita bisa memasukkan koordinat wilayah (longitude dan latitude) dan juga ketinggian tempat tersebut dari permukaan bumi. Selain itu software ini juga dilengkapi dengan pengatur jadwal, semacam todolist gitu. Nanti akan ada reminder sesuai jadwal yang telah ditentukan. Animasi software ini pas mau adzan juga menarik.
Shollu Athan Software
Shollu Athan Software
Untuk mendapatkan software ini anda bisa langsung mendownloadnya di situs berikut:

3. Prayer Times (Al Muhaddith)

Software yang di buat oleh IslamicFinder ini berisi waktu sholat untuk 6 juta kota di dunia. Selain waktu sholat, software ini juga menyediakan beberapa pilihan adzan dan penunjuk arah kiblat yang bisa di sesuaikan dengan lokasi kota anda berada. Ada 3 pilihan bahasa untuk software ini yaitu Arab, Inggris dan Perancis. Untuk mendapatkan software ini, anda bisa mendownloadnya langsung di sini.
Prayer Times (Al Muhaddith)
Prayer Times (Al Muhaddith)
http://www.muhaddith.org/pub/goptw6953.exe

4. Ela-Salaty

Software azan yang satu ini memiliki user interface bahasa Arab, saat menginstall-nya pun pakai bahasa Arab, begitu pula dengan situsnya, semuanya menggunakan bahasa Arab, kecuali angka jam-nya. Cocok buat yang bisa bahasa arab atau ingin belajar bahasa Arab. Untungnya ada Google Translate, jadi bisa tahu artinya.
Ela-Salaty
Ela-Salaty
Software azan ini gratis, untuk mendownload-nya silakan klik di sini.

5. Salat Time

Software azan yang satu ini memiliki user interface yang sangat informatif, dan fitur yang sangat lengkap. Salah satunya yang saya suka adalah kemampuannya untuk mengekspor jadwal waktu sholat ke excel. Tersedia dalam berbagai bahasa. Software ini gratis, untu mendownload-nya bisa diklik di sini.
Salat Time
Salat Time

6. Prayer Times Firefox Add On

Software azan yang satu ini hadir sebagai add-on pada Mozilla Firefox, dia akan hadir pada status bar pojok kanan bawah. Simple dan informatif itu menurut saya. Cocok buat yang senang browsing biar ingat waktu sholat. Namun sayangnya, karena ini add-on firefox, apabila firefox ditutup maka otomatis software azan ini otomatis juga akan mati.
Prayer Times Firefox Add On
Prayer Times Firefox Add On

7. Prayer Gadget for Windows 7 Sidebar

Untuk pengguna Windows  7 tentu sudah familiar dengan namanya Sidebar, nah apabila ingin menambahkan informasi tentang waktu sholat, maka add on yang satu ini bisa menjadi pilihan. Namanya Prayer Gadget, dari sisi UI sangat menarik, simpel dan informatif. Tidak banyak makan tempat. Untuk menggunakannya tapi harus memiliki Windows 7 lengkap dengan sidebar.

Ada beberapa add on yang bisa anda gunakan yaitu :
a. Azan Times, lisensi free, dan bisa di download di sini.

Prayer Gadget for Windows 7 Sidebar
Prayer Gadget for Windows 7 Sidebar
b. Prayer Times, lisensi free, dan bisa di download di sini.
Prayer Gadget for Windows 7 Sidebar
Prayer Gadget for Windows 7 Sidebar
Untuk pengguna mobile phone, ada juga beberapa software yang bisa dijadikan pilihan yaitu :

1. VEE Labs Islamic Pocket Guide (Blackberry Only)

Ini salah satu software azan kesukaan saya, untuk mengetahui jadwal waktu sholat di mana kita berada, kita tidak perlu repot, karena cukup masuk ke menu pengaturan kemudian klik tombol Perbarui >>, maka dia akan mencari posisi kita sesuai GPS di blackberry. Nanti akan direferensikan nama kota yang terdekat dengan kita. Tidak semua kota-kota ada, namun ada fitur untuk mengkoreksi waktu sholatnya. Selain itu juga ada arah kiblat dan tips-tips bermanfaat untuk kita. Untuk remindernya tersedia mode getar, suara adzan dan suara manusia yang berbunyi sesuai waktu sholatnya misalnya apabila sudah Isya maka akan berbunyi “Saatnya Sholat Isya”. Untuk mendownload-nya harus masuk dulu ke Blackberry World atau mendownload langsung di sini dengan menggunakan Blackberry.
VEE Labs Islamic Pocket Guide
VEE Labs Islamic Pocket Guide

2. Al-Moazen

Software azan yang satu ini berbasis Symbian s60 2nd yang kebanyakan terdapat di HP Nokia. Sayangnya database kota masih belum lengkap, sehingga harus disetting ulang. Untuk penyettingan-nya lebih lengkapnya bisa dilihat di sini.
Al-Moazen
Al-Moazen
Pada saat pertama kalian membuka aplikasi ini, kalian tidak akan menemukan setup waktu sholat untuk wilayah Indonesia. Maka yang harus kalian lakukan adalah sbb :
  • Masuk ke menu General Setting, lalu buat nama baru untuk kota di pilihan Add City (misal Jakarta Indonesia).
  • Untuk wilayah Jakarta, kalian bisa lihat sendiri pada gambar diatas.
  • Untuk settingan Latitude, kalian isi degree = 6, min = 10, dan dir = south.
  • Untuk settingan Longitude, kalian isi degree = 106, min = 48, dan dir = east.
  • Untuk settingan Time Zone, kalian isi hour = 7, minute = 11, dan GMT = +.
  • Untuk settingan Daylight Start Fixed Date tidak perlu kalian ubah.
Untuk mendapatkannya bisa di-download di sini.

3. Azan Times

Aplikasi azan yang satu ini bisa dijalankan di Symbian, Blackberry, Windows Mobile, atau HP berbasis JAVA. Fitur-fiturnya lengkap dan gratis.
Untuk mendownloadnya bisa diklik di sini.
Azan Times
Azan Times
Semoga dengan adanya software-software ini kita dapat lebih menjaga sholat lima waktu kita agar lebih tepat waktu.
Selamat mencoba.

0 komentar:

Poskan Komentar