Sample Text

Rabu, 08 Februari 2012

Cara Membuat PDF Share Button di WordPress.com

Bismillahirrohmanirrohim.

Untuk melihat artikel/tulisan di internet khususnya WordPress.com tentu membutuhkan koneksi internet agar kita dapat membacanya, namun tidak selamanya kita dapat terhubung dengan internet karena beberapa alasan seperti koneksi lambat, kuota download kita habis ataupun alasan lainnya.

Seperti yang kita ketahui Domain yang berbayar sudah menyediakan Share Button PDF agar pembacanya dapat langsung mendownload artikel yang telah diterbitkannya. Tapi bagaimana dengan pengguna WordPress.com? Jangan khawatir, sekarang kita dapat mambahkan Share Button PDF pada halaman ataupun tulisan yang kita terbitkan. Jadi pembaca bisa mendownload artikel/tulisan kita dan bisa membacanya secara Offline.

Artikel ini terinspirasi oleh Sahabat dari bandung yang berkecimpung di dunia  jaringan komputer, desain web dan pemprograman yang mengangkat beberapa topik (kebanyakan tentang PHP, CSS, dan Jaringan Komputer) ringan yang sekiranya bermanfaat dalam pembelajaran Informatika di negeri ini, beliau adalah muslimpribadi.wordpress.com.

Hari ini saya akan mencoba berbagi Cara Membuat PDF Share Button di WordPress.com yang saya adopsi dari tulisan beliau yang berjudul Download Semua Tutorial Dalam Bentuk PDF Artikel ini saya repost/tulis ulang karena menurut saya artikel ini sangat bermanfaat dan semoga akan bermanfaat juga untuk Sahabat lain pengguna layanan WordPress.com. Untuk menambahkan PDF Share Button, kita bisa memanfaatkan fasilitas dari http://www.printfriendly.com/.

Bagaimana Cara Membuat PDF Share Button di WordPress.com ini, berikut langkah-langkahnya.

Masuk ke Menu [Pengaturan] -> [Shaaring] dan lihat Sshare Button dan klik Add a new service.



Setelah meng klik Add a new service, akan muncul Pop Up berikut:



Masukkan beberapa isian sebagai berikut, kemudian klik Create Share Button.


  • Service name: Download PDF (bisa Anda tentukan sendiri)

  • Sharing URL: http://www.printfriendly.com/print?url=%post_full_url% 

  • Icon URL: http://irfanhandi.files.wordpress.com/2012/01/icon-pdf.png


Anda telah berhasil membuat Share Buttonnya,



Selanjutnya Seret dan letakkan pada Enabled Services seperti yang terlihat pada gambar dibawah.



Setelah dipindahkan, Anda bisa melihat hasilnya seperti gambar berikut:



Selesai.

Keterangan : pada beberapa pilihan diatas Anda dapat merubah:

  1. Button style yaitu untuk menampilkan text saja, icon saja atau kedua-duanya.

  2. Sharing label yaitu judul dari tombol sahring Anda.

  3. Open links in : pilih New Windows untuk membuka halaman downloadnya atau Same Windows untuk membuka dihalaman yang sama

  4. Show buttons on adalah pilihan dimana anda akan menampilkan tombol-tombol tersebut, apakah pada tulisan atau halaman saja.


Semoga bermanfaaat.

2 komentar: