Sample Text

Kamis, 09 Februari 2012

Cara Pasang Musik Di WordPress

 
Beberapa hari yang lalu seorang Sahabat bertanya “mas,, cara masang musik di sidebar ada gak? dulu aku bisa,, aku copot e mau pasang lupa caranya,, gimana ya …” Sebenarnya saya juga sudah membuat postingan tentang Cara Pasang Musik Di WordPress ini di blog saya terdahulu, tapi karena ada sesuatu dan lain hal maka blog tersebut tidak dapat diakses lagi. Berhubung ada request tentang Cara Pasang Musik Di Blog ini, tidak ada salahnya saya repost kembali beberapa artikel yang dulu pernah saya buat dan salah satunya artikel Cara Pasang Musik Di WordPress dengan memanfaatkan layanan dari http://videokeman.com/.

Sebenarnya untuk memasang musik di blog, WordPress sudah menyediakan caranya disini, namun sayangnya tutorial tersebut menggunakan bahasa inggris sehingga kita, termasuk saya sendiri susah untuk memahami panduan tersebut. Disana dijelaskan bahwa untuk memasang musik, Pihak WP menyarankan menggunakan layanan http://soundcloud.com/, karena layanan tersebut sangat support dengan flatform wordpress dan kelebihannya adalah Anda dapat mengupload musik yang Anda inginkan. Namun saya tidak akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah membuatnya karena Anda bisa melihat penjelasannya di blog sahabat Irfan Handi disini.

Kembali ke topik, seperti yang saya tilis di awal, saya akan berbagi Cara Pasang Musik Di WordPress dengan memanfaatkan layanan dari http://videokeman.com/, namun kelemahan dari layanan ini adalah Anda tidak dapat mengupload musik yang Anda inginkan dan hanya bisa memilih lagu-lagu yang sudah disediakan saja. Berikut langkah-langkah untuk memasang Musik Di WordPress ini :

1. Sebelum memasang Musik ini, pastikan speaker dan soundcard laptop atau komputer Anda masih berfungsi dengan baik dan jangan lupa untuk mengaktifkan volumenya.

2. Login ke akun WP Anda,


4. Setelah halaman terbuka, pilihlah lagu yang Anda suka dan akan muncul pilihan pada kolom [Rock ‘n Share!], disini saya mencoba memilih lagu dari Alanis Morissette yang berjudul Thank You.

5. Disana ada beberapa pilihan cari dan Klik icon WordPress.


6. Setelah itu akan muncul Post to WordPress, silahkan isi username dan Password WordPress Anda.

7. Jika proses berhasil, maka akan muncul Item posted, Thank You. Itu artinya code dari lagu yang Anda pilih tadi sudah masuk kedalam tulisan/postingan WordPress Anda.

 
8. Selanjutnya masuk ke Menu Tulisan di Dashboard Anda lihat artikel yang berjudul Videokeman lalu klik edit,


9. Kemudian copy kode yang tampil di area Visual seperti yang terlihat seperti dibawah ini, lalu pastekan ke Widget Text Anda jangan lupa simpan.




[/gigya width="300" height="44" src="http://videokeman.com/music/videokemanplay.swf" quality="high" flashvars="playerID=1&bg=0xffffff&leftbg=0xCA4536&lefticon=0xffffff&rightbg=0xCA4536&rightbghover=0x999999&righticon=0xffffff&righticonhover=0xffffff&text=0xCA4536&slider=0x303030&track=0xFFFFFF&border=0x666666&loader=0xC52C24&

autostart=yes&loop=yes&soundFile=http://videokeman.com/dload/nm3/090311/Alanis_Morissette_-_Thank_You.vkm" wmode="transparent" ]


Keterangan:

  • autostart: ganti “no” jika tidak ingin lagu berputar secara otomatis saat blog dibuka.

  • loop: ganti “no” jika tidak ingin lagu memutar kembali jika habis.

  • setelah kita pasang di sidebar tombol playlist akan terlihat, untuk menghilangkannya ganti angka yang berwarna merah pada contoh diatas dengan angka 1 saja.

Refresh halaman blog Anda dan lihat hasilnya.

Semoga Berhasil.

0 komentar:

Posting Komentar