Sample Text

Kamis, 26 Januari 2012

software 3D yang mana ya ?

Salah satu kolega senior, karena melihat ketertarikan kami di Jurusan Teknik Sipil UPH akan software-software engineering, ingin menghubungkan kami dengan salah satu developer program 3D untuk permasalahan rekayasa teknik.

Developer program tersebut dari manca negara. Harapannya dari kami adalah bahwa JTS UPH mau memakai software tersebut dan menguasainya, sehingga diharapkan dapat menjadi center of excellence di negeri ini. Itu sangat berguna tentunya untuk mendukung service nya nanti, misalnya pelatihan-pelatihan atau yang mirip dengan itu.



Aku akhir-akhir ini tertarik dengan program 3D karena software yang aku pakai untuk penelitian disertasiku adalah bersifat 3D juga. Model dibuat dengan element Solid, dibuat terpisah-pisah sebagai PART yang sederhana dan selanjutnya di ASSEMBLY menjadi suatu model lain yang lebih besar dan rumit. Proses interface-nya benar-benar simple sekali seperti halnya mengubah-ubah benda tersebut sesungguhnya.

Jika dibandingkan dengan program SAP2000, wah ini bukan apa-apanya. Jadi karena terlalu sering makai program 3D yang aku gunakan untuk disertasi maka ketika memakai program SAP jadi kagok rasanya. Koq terlalu sederhana sekali sih interface-nya.

Intinya aku suka sekali dengan era 3D yang dihasilkan oleh program komputer tersebut, yaitu ABAQUS dan SOLIDWORK. Keduanya mirip satu sama lain.

Dengan latar belakang pengetahuan 3D yang aku punyai tersebut maka ketika kolegaku tadi menawariku untuk menjajagi kerjasama lebih lanjut, ya aku setuju-setuju aja.

Selanjutnya agar tidak terlalu bingung nantinya, maka aku mencoba menyelusuri software-software 3D lain di internet untuk mendapat perbandingan apakah jika aku memilih software 3D tersebut apakah akhirnya cukup berharga untuk dikembangkan lebih lanjut.

Ternyata software 3D yang ada, sangat banyak sekali, dan hebat-hebat. Bagi yang belum tahu ini nama program yang ada dan contoh hasilnya.

**1** Autodesk 3ds Max






Sumber gambar dari CG Channel

**2** Rhinoceros







**3** Tekla





**4** StruCAD

**5** Solidworks





**6** SolidEdge

**7** ArchiCAD







**8** Autodesk MAYA





**9** AutoCAD Civil 3D







**10** Revit Architecture from Autodesk



**11** Revit Structure from AutoDesk









**12** Bentley Group

Microstation





Hebat-hebat khan, tapi mana yang cocok untuk diberikan ke level S1 untuk bidang teknik sipil. Nggak gampang bukan ! Bisa-bisa kalau salah milihnya maka investasi waktu yang telah digunakan untuk pembelajaran jadi nggak kepakai. Khan sia-sia.

**mikir berat mode on**

Saya berharap teman-teman yang mengetahui kelebihan dan kekurangan software-software di atas dapat membantu saya dengan sharing pengalamannya. Trims ya.

0 komentar:

Posting Komentar